Terkait Stok darah Menipis di Kota Bekasi, Pdt. Djajang Buntoro, MTh : Menjaga Toleransi dan Kerukunan dengan Aksi Donor Darah.

Kilometer-Bekasi-Berdasarkan pertemuan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Bekasi dengan ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kota Bekasi diketahui bahwa kebutuhan darah untuk masyarakat alami peningkatan sementara selama bulan Ramadhan 1442 H jumlah pendonor alami penurunan akibatnya stok darah menipis. Untuk itulah FKUB melayangkan surat tertanggal 13 April 2021 yang ditujukan kepada Lembaga Aras Gereja, Dekanat Katolik, Parisada Hindu dan Majelis Budha. Isinya himbauan dan ajakan untuk donor darah.

Pdt Djajang Buntoro, M.Th selaku penggagas Donor darah oleh Forum Komunikasi Gereja-gereja Galaxy (FKGG)  pada hari minggu (9/5) bertempat di GBKP Galaxy menjelaskan bahwa aksi donor darah ini menindaklanjuti Surat FKUB tertanggal 13 April 2021.

“Kami sangat prihatin karena tingkat kebutuhan darah sehat begitu tinggi sedangkan ketersediaan darah sehat semakin menipis. Makanya kami dari gabungan gereja yang ada di kawasan Galaxi ini sepakat untuk menggalang donor darah yang kelak bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya, didampingi Pdt Saul Ginting dari GBKP Galaxi selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan, Pdt Ompon Tambunan dari Gereja Metodis dan Ketua FKGG Thomson Sihombing.

Djajang menegaskan kegiatan ini juga sebagai bukti bagi kalangan umat Nasrani menjaga toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Bekasi. “Kami peduli, kami memberi, untuk seluruh umat, tak ada yang kami beda-bedakan sesuai semangat kami dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Kota Bekasi,” tegasnya.

Bakti sosial ini berhasil menjaring 100 pendonor yang kemudian diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bekasi.

Para pendonor ini merupakan pengurus dan jemaat dari GBKP Galaxi, Gereja Methodist, Gereja Victori Hope Bekasi, GMAHK, GPIB Galilea, GBI Power, dan Gereja Toraja Galaxi, dan gereja lainnya yang berdomisili di kawasan Galaxi. Nampak antusias pendonor yang  menyalurkan rasa kepedulian mereka terhadap masyarakat yang membutuhkan darah.

Menyikapi kegiatan ini Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi Abdul Manan memberikan apresiasinya. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap sikap kebersamaan yang ditunjukkan kaum Nasrani dalam membantu sesama umat manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan golongan. “Setetes darah yang kita sumbangkan pasti memberikan mamfaat luar biasa dan bisa menolong nyawa bagi masyarakat yang
membutuhkan,” ujarnya.

Respon senada juga disampaikan Pembimas Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi M Manik. Pihaknya secara tegas mendukung aksi donor darah ini sebagai wujud empati antat umat beragama di Kota Bekasi.

 (Mok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *