Natal Komunitas Kasih Hamba Tuhan Gereja-Gereja Jakarta Selatan : Natal Membawa Persatuan dan Kesatuan Interdenominasi Gereja

JAKARTA – Memasuki bulan penuh sukacita merayakan Natal ditahun 2021, sudah banyak diadakan perayaan Natal Bersama yang dilakukan oleh berbagai pihak. Salah Satunya, Komunitas Kasih Hamba Tuhan Gereja-Gereja di Jakarta.

Acara Natal diadakan pada hari Selasa, (07/12/2021), pukul 17.00-19.30 wib, bertempat di Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) Barito di jalan Barito II No. 57, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebagai pembicara dalam ibadah Natal tersebut oleh Ketua Sinode GPdI, Pdt. Dr. Johnny Weoll, M.M., M.Th.

Tema ibadah Natal dalam masa Pandemi ini dan semua hamba-hamba Tuhan ingin selalu menguatkan satu sama yang lain dan menegaskan bahwa injil adalah kekuatan Allah sesuai yang tercantum dalam Roma 1 ayat 16.

Pdt. John Weol selaku pembicara menyampaikan Firman Tuhan mengatakan, “Saya melihat natal bersama semua gereja-gereja di Jakarta Selatan merupakan suatu hal yang sangat baik dan luar biasa karena didalam suasana keadaan bangsa kita yang masih dilanda dengan suasana Pandemi Covid 19,”katanya.

“Semua para pendeta-pendeta di Jakarta Selatan berinisiatif mengadakan ibadah natal seperti ini dan hal ini haruslah kita syukuri sebagai satu pernyataan bahwa sekat-sekat yang tereliminasi itu bisa dirobohkan dan dihilangkan dengan ibadah bersama seperti khususnya yang terjadi pada malam ini.”

“Maka untuk itulah yang saya ingin sampaikan kepada seluruh hamba Tuhan dari semua gereja yang ada di Jakarta Selatan ini merupakan suatu imbrio dari sebuah kesatuan ke depan untuk mengadakan kegiatan ibadah bersama dan kegiatan sosial supaya bisa menjangkau masyarakat pada umumnya untuk mengaktifkan trifungsi gereja itu yaitu Koinonia (bersekutu), Marturia (bersaksi), dan Diakonia (melayani), ” ujarnya dalam kotbah.

Selalu Ketua panitia, Pdt. Like Muntu dalam sambutannya mengatakan bahwa Para hamba Tuhan hari ini merayakan Natal gereja-gereja di Jakarta Selatan. “Seperti yang di sampaikan oleh Ketua Komunitas Kami, bapak Pdt. Franky Kombaitan yaitu para komunitas kami terdiri dari para gembala, para hamba Tuhan yang awalnya suka saling bertemu dan terbeban dalam pelayanan bersama, ” ujarnya.

“Disini tanpa melihat asal kita dari gereja besar atau gereja kecil, kerinduan kami untuk saling menguatkan terutama dalam masa Pandemi ini.”

“Tujuan kami sangat sederhana yaitu untuk menjadi bagian dalam Tubuh Kristus dan kondrat illahi sebagaimana yang sudah disampaikan dalam Firman Tuhan oleh bapak Pendeta John Weol yang merupakan pembicara kita malam ini.”

“Kami terus berkerjasama dalam segala komisi panitia yang ada dan kami harapkan pada saat itu ditujuk oleh bapak pembina, saya ditunjuk sebagai koordinator. Tetapi saya sempat berkata jika ada yang lebih baik bisa dengan yang lain tetapi saya tidak berani menolak karena setiap penugasan merupakan suatu kepercayaan.”

“Saya mengucapkan terima kasih dan semua pihak yang sudah mengambil bagian dalam pelayanan hari ini. Saya hanya bisa berterima kasih kiranya hanya Tuhan Yesus Kristus yang bisa membalas semua kebaikan dari Bapak dan ibu semua, ” ujar koordinator Acara Natal Bersama tahun ini.

Pdt Frangky Kombaitan, M.Th selalu Ketua Komunitas Kasih Gereja-gereja Jakarta Selatan mengatakan, “Saya mengucapkan Puji Tuhan Kami pada hari ini bersama para pendeta, gereja, sinode dan lintas aras karena sekian lama kita ada di dalam suasana Pandemi Covid 19 tetapi kita wajib bersyukur kepada Tuhan walaupun dalam PPKM sekarang ini Jakarta masuk level 2 dan persiapan masuk ke PPKM level 3 kita gereja-gereja di Jakarta Selatan bisa mengadakan Natal.”

“Disini kita ada suatu harapan dan dorongan kerinduan supaya Tuhan selalu memberkati, menyertai dan doa-doa para pendeta untuk masyarakat Jakarta yang khususnya untuk wilayah Jakarta Selatan supaya tetap sehat dan kuat pada masa Pandemi ini.”

“Dan Tujuan ibadah natal ini adalah biar gereja-gereja dan khususnya para pendeta-pendeta bisa saling mendoakan karena gereja-gereja akan selalu mendukung dalam doa dan membangun hubungan yang untuk pemulihan Tuhan,” ungkap Franky.

Selain acara pujian penyembahan dan Firman Tuhan, acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin oleh perwakilan Komunitas gereja-gereja di Jakarta Selatan oleh para pendetanya. Hadir pula dalam prosesi penyalaan lilin tersebut, Ketua Umum Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Indonesia, Yusuf Mujiono.

Dengan diselenggarakannya Acara Natal bersama ini, meningkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam komunitas gereja-gereja di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu PEWARNA juga diundang secara khusus sebagai bagian gerekan unity yang diharapkan bisa berkontribusi mewartakan kegerakan bersama lintas Gereja hadir saat itu Yusuf Mujiono Ketua Umum dan Albert Muntu Bendahara dan bagian media Pewarna Rika
Selain itu juga hadir unsur aras nasional seperti PGLII, PGI W, PGPI dan utusan gereja-gereja di Jakarta Selatan serta ormas seperti kaum perempuan, FORMAG dan FKUB dan dibuka Walikota Jakarta Selatan ( ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.