MANAKAR KOMPETENSITAS SEORANG IBU

Kilometer.co.id, Jakarta-Seyogyanya setiap tanggal 22 bulan Desember diperingati, Mother’s day /Hari Ibu.

Semua yang hidup dilahirkan seorang Ibu bukan bapak. bukan…?? Termasuk kita lahir dari ibu kita masing-masing. Tidak perlu kita tanyakan kenapa harus Ibu yang melahirkan kita. Karena akan membuat kita pusing.

Untuk itu, dalam event spesial kaum perempuan/Ibu, seperti hari ini, mengajak kita kaum pria agar terus menghargai istri atau semua kaum perempuan.

Tidaklah bermaksud untuk terlalu memuji-muji atau menyanjung kaum perempuan, akan tetapi realitanya kaum perempuan dari sejak semua kita dalam kandungan tetap dijaga begitu rupa selama kurang lebih sembilan bulan sampai kita dilahirkan, berada dalam kondisi antara hidup dan mati.

Begitu mulia pengorbanan seorang ibu untuk kita. Dalam agama Kristen “IBU” dalam bahasa Yunani ” dalam Titus 2 : 4 “phioleotheknos” mengandung arti khusus ” tentang kasih ibu” seperti: menjaga, merawat, membesarkan, memeluk pokoknya memberikan kasih sayang sepenuh hati untuk anak dan suami.

Dalam Islam “Ibu” mendapatkan tempat dalam posisi yang sangat mulia, sehingga anak diwajibkan hormat lebih dahulu kepada ibu sebelum kepada seorang ayah, karena ibu merupakan sosok yang Istimewa (www.pikiran-rakyat.com). Dalam agama Hindu “Ibu” sebagai Barometer dalam Keluarga dan pemberi keinginan kepada keluarga ( m.solopos.com). Dan ajaran Buddhis tentang “Ibu” sebagai teladan yang “Universal” ( Buddhazine.com)

Arti kiasan “sorga di bawah telapak kaki ibu” berbicara bahwa kita harus berbakti dan mendahulukan kepentingan ibu kita dari pada kepentingan pribadi. Dalam kitab suci Kristen di tekankan menghormati orang tua termasuk ibu, dan berkat akan mengikuti sebab dalam pemahaman orang Kristen : Orangtua (Ayah/Ibu yang lebih tua dari kita) adalah ” gambaran Allah yang bisa dilihat”.

Mari kita apresiasi dan tunjukkan rasa salut kita kepada ibu dan perempuan karena mereka sudah berjuang dan berkorban demi kebaikan kita. Juga turut serta memperlakukan mereka dengan sewajarnya, menghargai emansipasi mereka,

dan jangan sekali-sekali melecehkan mereka, serta menjaga hak mereka.

Bertepatan dengan kita menghormati ibu/perempuan supaya tetap kita ingat dan kerjakan nasehat ibu 3M yaitu : cuci tangan dengan sabun, pake masker, dan jaga jarak..!!
Hppy Mother Day’s..!! Jadilah Ibu yang baik.., sabar dan tetap semangat..!

(Fridris Jimson S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *