H. Hendra Hidayat : Penduduk Jakarta yang Majemuk Merupakan Miniatur Indonesia

Jakarta, kilometer.co.id – H. Hendra Hidayat, Kepala Biro Bimental Setda Pemprov DKI Jakarta hadir mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang diadakan di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Hendra memukul gong sebagai tanda resmi dimulai Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta yang akan berlangsung 19-21 Maret 2019 di Hotel Grand Prioritas, Cisarua Bogor, Senin (19/03/19).

Dalam kata sambutannya, Hendra Hidayat yang mewakili Gubernur DKI menyampaikan bahwa penduduk DKI  yang majemuk juga merupakan miniatur Indonesia dan menjadi melting pot (melebur menjadi satu )  yang bermacam-macam suku namun hidup rukun. Kemajukan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri, terangnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya mengatakan bahwa kepribadian dalam nilai agama, terutama akhlak dan budi pekerti harus ditingkatkan. Dalam rangka itu Sidang MPL PGI kita harapkan mampu merumuskan nilai-nilai Kristen dalam bingkai umat Kristiani di DKI Jakarta. Hendra menyampaikan bahwa Gubernur DKI sudah memanggil dirinya menanyakan terkait tentang GBKP Pasar Minggu,  dan sudah melakukan pendekatan warga sekitar. “Mari doakan semoga GBKP Pasar Minggu bisa lancar perizinan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Sidang MPL PGIW DKI Jakarta mengambil tema bersama PGI lima tahunan yakni “Tuhan Mengangkat Kita Dari Samudera Raya.” (Mazmur 71.20B). Adapun peserta hadir adalah perwakilan dari gereja-gereja anggota PGIW DKI Jakarta dengan 80 peserta anggota sinode dan mitra PGIW DKI Jakarta. Sementara ketua Panitia Brigjend dr Alexander Ginting, SpP dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini adalah satu batu loncatan GBKP, bahwa GBKP tidak meninggalkan gerakan oikumene dalam lingkup PGIW DKI Jakarta. “Kita terus mendukung gerakan oikumenis gereja, karena GBKP sebagai tuan dan nyonya rumah Sidang MPL,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Umum PGIW DKI Jakarta Pdt Manuel Raintung menyatakan bahwa Sidang MPL tujuannya mengevaluasi kehadiran anggota PGIW DKI Jakarta. “Kami sebagai gereja-gereja di Jakarta selalu menggumuli keadaan bangsa. Ketika Anies Baswedan terpilih menjadi kepala daerah kami sepakat mendukung. Sesuai dengan motto maju kotanya bahagia warganya,” tutur Manuel Raintung.

Pada kesempatan itu, tak lupa Manuel Raintung menyinggung dan meminta perhatian dari pemerintah DKI terhadap keberadaan GBKP Pasar Minggu, yang  keberadaannya sudah lama dan memiliki gedung gereja sendiri. “Bukan karena GBKP tuan rumah maka kami suarakan, tetapi ini sudah disuarakan di FKUB DKI Jakarta. Diharapkan diberi kemudahan,” paparnya. Disampaikan juga, ada 80 peserta Sidang besok di Puncak, dengan mitra-mitranya. Sebelum acara pembukaan lebih dulu ibadah pembukaan yang dilayani Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba. [RA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *