Fenomena Suksesnya Channel Cerita Ojol

Kilometer.co.id Bekasi Cerita Ojol (ojek online) merupakan channel yang menampung kisah-kisah para pengemudi ojek daring atau ojol dan penumpang ojol. Dengan menggunggah ke chanel Cerita ojol diharapkan bisa menjadi promosi yang dimiliki pengemudi dan bahkan juga buat komunitas Ojol. Sehingga bisa dikenal luas yang menonton Chanel ini.

Siapa sajakah yang berperan dibalik produksi cerita Ojol? Ada 4 orang yaitu Ahmad Sobri (Sobri) lahir di Lampung 10 Oktober 1986, sebagai Editor dan Supervisor, Muhammad Dien Nur Nirwan (Didien) lahir di Bukit Tinggi 24 Juni 1973 sebagai Reporter, Editor dan sekaligus supervisi post production, Nurhidayat (Dayat) lahir di Tangerang 9 Juli 1974, Reporter dan Cameraman, Brilian Abdhie Mulya (Mber) lahir di Belitang 17 November 1998 sebagai Editor dan Cameraman.

Meski keempatnya memiliki latar belakang asal daerah dan tahun kelahiran yang berbeda dan tapi bisa menghasilkan satu karya. Sebuah kerjasama team yang solid.

Awal Mula Cerita Ojol

Ide Awal Cerita Ojol muncul dari Didien yang kemudian di diskusikan bersama Sobri yang pada saat itu usai kursus video editing bersama Didien. Untuk kemudian keduanya coba mulai produksi pada bulan Oktober 2018 dan diunggah pertama kali di Youtube pada tanggal 14 Oktober 2018. Dalam proses membangun Chanel Cerita Ojol keduanya bertemu dengan Dayat dan Mber. Secara resminya Channel Cerita Ojol ditetapkan tanggal 1 Januari 2019.

Produksi Cerita Ojol

Untuk produksi Cerita Ojol saat ini masih terfokus di wilayah Jabodetabek tapi pernah juga dilakukan di Cianjur.

Untuk konten reguler umumnya kita siapkan pertanyaan-pertanyaan yang dimulai dari masa lalu driver hingga dia memutuskan menjadi ojol, kemudian digali lagi dengan pertanyaan tentang pengalaman yang pernah ojol alami selama jadi ojol. Disamping itu ada konten yang berhubungan dengan moment-moment tertentu yang berhubungan dengan kondisi yang terjadi pada masa tertentu.

Juga kita membuat konten cerita pendek yang diperankan oleh tim yang mana ceritanya diangkat dari kisah para ojol. Konten lainnya adalah acara-acara anniversary komunitas ojol. Sedangkan untuk narsum bisa bebas atau memang kita cari infonya dari media social.

Untuk produksi atau liputan Cerita Ojol bisa cepat, dalam 1 hari full setidaknya bisa mendapatkan 8 hingga 12 wawancara dalam sehari. Wawancara berkisar antara 15 hingga 30 menit. Untuk proses editing normalnya bisa di edit dalam waktu 4 jam. Namun bila cukup panjang bisa mencapai 8 hingga 12 jam. Tim mencoba konsisten untuk mengupload 3 video dalam seminggu.

Sampai saat (26 Oktober 2019) produksi channel Cerita Ojol masih dibiayai oleh dana pribadi yang disupport oleh mas Sobri dari alat, tempat editing serta kadang diberikan akomodasi untuk shoting. Sebab sampai sekarang channel Cerita Ojol belum dimonetize walau syaratnya sudah dipenuhi sejak 27 Maret 2019 (syaratnya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang). Semoga kedepannya channel ini bisa berkembang dan bisa menyebar diseluruh nusantara.

Harapan dan Cita-cita

Untuk kedepannya channel Cerita Ojol akan menjalin kerjasama dengan orang yang ada di tiap daerah yang sudah ada ojolnya, dimana kami akan membentuk kontributor-kontributor yang akan mensuplai konten cerita ojol dari daerah ke tim yang di Jakarta.

Dengan demikian video Cerita Ojol bisa diupload di jam-jam tertentu setiap harinya. Ini rencana yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dimulai dari daerah Lampung, daerah asalnya mas Sobri. Plan lainnya, insyaa Allah kami akan membuat semacam channel Cerita Ojol Centre yang merupakan tempat ketemu muka para driver ojol dengan tim Cerita Ojol, juga ada semacam studio untuk wawancara, disini juga bakal ada tempat seperti kafe, istirahat, wifi gratis, cas hape, warung spare part motor dengan harga murah untuk ojol, penjualan merchandise Cerita Ojol, dan sebagainya yang mana tujuannya agar para driver ojol yang singgah disini bisa membantu channel Cerita Ojol menyebar dikomunitas masing-masing.

Plan lainnya untuk meningkatkan view dan subscriber, kami akan collab dengan youtuber sejenis serta youtuber besar yang pernah mengangkat tentang ojol, kemudian mencoba mendekati para artis yang sering menggunakan jasa ojol, juga para pejabat, profesionala, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Dan pada akhirnya kami berharap channel ini bisa dimanfaatkan para ojol untuk berkisah atau mempromosikan diri dan bisa menambah lapangan pekerjaan serta juga sedikit banyak bisa membantu para ojol.

(Endharmoko/Team Cerita Ojol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *